Rekomendasi Film Biografi Terbaik Sepanjang Waktu

Industri film memang sangat luas dan tak pernah kehabisan ide untuk membuat tema-tema film yang menarik, salah satunya film tentang biografi. Film biografi merupakan sebuah film yang menampilkan kehidupan seseorang dan diambil dari sebuah kisah nyata. Film biografi ini biasanya dibuat untuk menginspirasi banyak orang dari kisah hidup yang diceritakan di dalam film.

Pada umumnya, kisah kehidupan yang ditampilkan pada film biografi ini adalah milik orang-orang yang berpengaruh besar dan dikenal masyarakat luas. Kisah inspiratif dari hidup orang tersebut diharapkan bisa untuk diaplikasikan ke kehidupan nyata. Sepanjang sejarah, ada beberapa film biografi terbaik yang pernah dibuat oleh produsen film. Berikut daftar rekomendasi film-film biografi terbaik.

Rekomendasi Film Biografi Terbaik

1. Lion

Rekomendasi film biografi pertama yakni berjudul Lion yang rilis pada tahun 2016 kemarin. Lion sendiri merupakan salah satu film yang diadaptasi dari buku autobiografi seorang Saroo Brierley dengan judul A Long Way Home. Film tersebut menceritakan tentang Saroo yang berpisah dengan keluarganya hingga selama 25 tahun lamanya.

Diceritakan bahwa Saroo yang saat itu masih berusia kecil bepergian bersama kakaknya. Kala itu, Saroo dengan saudaranya terpisah tepatnya di sebuah stasiun kereta api. Kereta yang Saroo naiki ternyata menuju ke arah kota lain. Mulai sejak itu, Saroo kecil hidup sendirian di dunia yang tidak mudah. Hingga pada akhirnya, Saroo diadopsi oleh seorang pasangan yang berasal dari negara Australia. Hingga umurnya mencapai dewasa, Saroo mencoba mencari keluarga aslinya dengan bantuan teknologi yang ada.

2. The Theory of Everything

Film biografi yang kedua dan juga harus kamu tonton di kala senggang adalah The Theory of Everything. Film biografi yang satu ini menceritakan kehidupan seorang bernama Stephen Hawking, orang yang ahli di bidang kosmologi lumpuh. Teori yang terkenal tentangnya adalah lubang hutan. Ketika tengah melakukan sebuah penelitian, Stephen tidak sengaja terjatuh dan menyebabkan dirinya mengalami kelumpuhan.

Hidupnya sejak saat itu diprediksi tidak lama lagi, yakni sekitar 2 tahun saja. Meskipun telah divonis dengan penyakit syaraf motorik, hal tersebut tidak membuat Stephen Hawking menyerah dengan penelitiannya. Dengan keterbatasan yang dimilikinya, Stephen Hawking berhasil menciptakan sebuah teori yang akhirnya membuat namanya dikenal. Bahkan, Stephen juga mendapatkan gelar doktor lebih dulu daripada teman-temannya yang lain. Sebuah keajaiban, Stephen juga berhasil hidup selama 76 tahun.

3. Bohemian Rhapsody

Rekomendasi film biografi yang ketiga yakni berjudul Bohemian Rhapsody. Film biografi ini diambil dari kisah kehidupan seorang Freddie Mercury, vokalis musisi band legendaris bernama Queen. Film biografi Bohemian Rhapsody ini diambil dari judul lagu yang mereka populerkan sendiri.

Film biografi yang mengisahkan tentang Freddie Mercury ini akan membuatmu melihat bagaimana kehebatan dirinya dalam bermain musik. Kamu akan diajak mengetahui bagaimana Freddie menemukan ide-ide jenius untuk lirik dan nadanya ketika sedang menciptakan sebuah lagu.

Tak perlu diragukan lagi, dengan bakatnya yang sangat hebat itu Freddie Mercury yang mempunyai nama asli Farrokh Bulsara mampu membawa nama band Queen menjadi band yang sangat terkenal dan populer. Bahkan, band Queen ini berhasil menjadi salah satu dari sekian banyak band terbaik yang ada di dunia.

4. The Social Network

Siapa yang tidak tahu dengan seorang bernama Mark Zuckerberg? Seorang tokoh yang hingga saat ini memegang Facebook, WhatsApp, dan Instagram dengan tangannya yang jenius. Di dalam film ini, Mark Zuckerberg dikisahkan sebagai seorang mahasiswa yang terkena DO oleh kampusnya, yakni Harvard University.

Banyak orang mengira bahwa DO merupakan akhir dari karir dan kehidupan karena tidak akan lagi ada peluang yang akan membantu di masa depan. Namun, Mark berhasil mematahkan statement tersebut di dalam film ini. Mark mampu membuktikan bahwa dirinya layak untuk hidup meskipun banyak orang mengatakan dirinya akan hancur. Dari film biografi ini, kamu akan diajak untuk tidak patah semangat ketika rintangan datang satu persatu.

5. American Sniper

Terakhir, rekomendasi film biografi yang kelima adalah American Sniper. Siapa sangka, bahwa film biografi yang satu ini berhasil menjadi film biografi terbaik sepanjang sejarah. American Sniper mengisahkan tentang Chris Kyle, seorang penembak jitu yang berasal dari Amerika Serikat. Di negara asalnya, Chris merupakan sosok pahlawan yang namanya sangat melegenda.

Namun, bukan tanpa sebab yang jelas hal itu bisa terjadi. Nama harum yang dirinya dapatkan, berhasil Chris peroleh atas beberapa peperangan yang ia capai. Di film biografi berjudul American Sniper ini, kamu akan melihat bagaimana seorang Chris bertarung dengan musuh yang juga merupakan penembak jitu. Bahkan, musuhnya juga adalah mantan dari juara olimpiade besar-besaran.

Namun, adegan ending yang membuat penonton sedih ketika melihat film biografi ini. Jadi, jika kamu tidak suka dengan ending yang sad, mungkin film American Sniper ini kurang cocok untuk ditonton.

Seperti itulah rekomendasi film biografi terbaik sepanjang masa beserta dengan penjabarannya. Dari kelima rekomendasi film biografi terbaik di atas, sudahkah kamu melihat salah satunya?

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *